Blogger Widgets
SELAMAT DATANG... DAN TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG KE BLOG INI - JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA...

Kamis, 19 Juni 2014

TUJUAN PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH


Tujuan kurikulum pada dasarnya adalah satu panduan menuju arah yang diinginkan oleh para penyusunnya untuk bisa dicapai oleh siswa ketika menggunakan kurikulum tersebut. Tujuan merupakan suatu garis besar pernyataan akan harapan masyarakan dan keinginan untuk pembelajaran para siswa. Biasanya, pernyataan ini adalah mengenai harapan masyarakat terhadap apa yang dapat diberikan oleh sistem pendidikan untuk para siswa.  Oleh karenanya, tujuan umum menjelaskan profil siswa yang dicapai setelah mengikuti program pendidikan di madrasah pada jenjang waktu tertentu.

Tujuan di sini  mencakup tujuan pendidikan dasar yang sudah dirumuskan dalam standar nasional, yaitu: ”Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut”.  Berdasarkan rumusan tersebut, setiap satuan pendidikan dapat mengembangkan rumusan yang lebih spesifik yang sesuai dengan karakteristik masing-masing.
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di  Madrasah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan, berikut ini :

1.    Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
2.    Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3.    Menunjukkan sikap  percaya diri
4.    Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
5.    Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
6.    Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif
7.    Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
8.    Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
9.    Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
10.  Mendeskripsi gejala alam dan sosial
11.  Memanfaatkan lingkungan  secara bertanggung jawab
12.  Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
13.  Menghargai  karya seni dan budaya nasional
14.  Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
15.  Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
16.  Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif  dan santun
17.  Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
18.  Menghargai adanya perbedaan pendapat
19.  Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
20.  Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
21.  Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
22.  Menyakini, memahami, menjalani ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari serta menjadikan ajaran agama sebagai landasan prilaku dalam kehidupan sehari-hari
23.  Mampu membaca Quran secara tartil dengan tajwid
24.  Mampu menghafal Quran Juz Amma (Juz 30)
25.  Mampu memimpin do’a-do’a khusus
26.  Membiasakan mengucapkan kalimat toyyibah dalam sehidupan sehari-hari
27.  Mampu azan dan iqomah
28.  Melaksanakan shalat berjamaah dam mampu menjadi imam shalat wajib
29.  Mampu melaksanakan dan menjadi imam shalat jenazah
30.  Mampu berpidato singkat serta dapat menjadi pembawa acara pada peringatan hari besar islam dan peringatan-peringatan lainnya
31.  Khatam Quran minimal satu kali selama menjadi siswa Madrasah Tsanawiyah
32.  Mampu menghafal sekuran-kurangnya 10 (sepuluh) buah Hadits Rasululla
33.  Berbusana muslim/muslimah di rumah tangga, madrasah dan masyarakat
34.  Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama
35.  Menunjukkan ketrampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Arab sederhana
36.  Mampu membaca dan memakai kitab kuning


Tidak ada komentar:

Posting Komentar