Tujuan kurikulum
pada dasarnya adalah satu panduan menuju arah yang diinginkan oleh para
penyusunnya untuk bisa dicapai oleh siswa ketika menggunakan kurikulum
tersebut. Tujuan merupakan suatu garis besar pernyataan akan harapan masyarakan
dan keinginan untuk pembelajaran para siswa. Biasanya, pernyataan ini adalah
mengenai harapan masyarakat terhadap apa yang dapat diberikan oleh sistem
pendidikan untuk para siswa. Oleh karenanya, tujuan umum menjelaskan profil
siswa yang dicapai setelah mengikuti program pendidikan di madrasah pada
jenjang waktu tertentu.
Tujuan di sini
mencakup tujuan pendidikan dasar yang sudah dirumuskan dalam standar nasional,
yaitu: ”Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia,
serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut”.
Berdasarkan rumusan tersebut, setiap satuan pendidikan dapat mengembangkan rumusan
yang lebih spesifik yang sesuai dengan karakteristik masing-masing.
Untuk mencapai standar mutu pendidikan
yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di
Madrasah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan, berikut
ini :
1. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan remaja
2. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3. Menunjukkan sikap percaya diri
4. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang
lebih luas
5. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan
sosial ekonomi dalam lingkup nasional
6. Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan
sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan
inovatif
8. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi
yang dimilikinya
9. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari
10. Mendeskripsi gejala alam dan sosial
11. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
12. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia
13. Menghargai karya seni dan budaya nasional
14. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
15. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan
waktu luang
16. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
17. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
18. Menghargai adanya perbedaan pendapat
19. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
20. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis
dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
21. Menguasai
pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
22. Menyakini,
memahami, menjalani ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari serta
menjadikan ajaran agama sebagai landasan prilaku dalam kehidupan sehari-hari
23. Mampu
membaca Quran secara tartil dengan tajwid
24. Mampu
menghafal Quran Juz Amma (Juz 30)
25. Mampu
memimpin do’a-do’a khusus
26. Membiasakan
mengucapkan kalimat toyyibah dalam sehidupan sehari-hari
27. Mampu
azan dan iqomah
28. Melaksanakan
shalat berjamaah dam mampu menjadi imam shalat wajib
29. Mampu
melaksanakan dan menjadi imam shalat jenazah
30. Mampu
berpidato singkat serta dapat menjadi pembawa acara pada peringatan hari besar
islam dan peringatan-peringatan lainnya
31. Khatam
Quran minimal satu kali selama menjadi siswa Madrasah Tsanawiyah
32. Mampu
menghafal sekuran-kurangnya 10 (sepuluh) buah Hadits Rasululla
33. Berbusana
muslim/muslimah di rumah tangga, madrasah dan masyarakat
34. Menghargai
perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama
35. Menunjukkan
ketrampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Arab
sederhana
36. Mampu
membaca dan memakai kitab kuning
Tidak ada komentar:
Posting Komentar